Resep Tengkleng Khas Solo yang Bikin Lidah Bergoyang


Kalau kamu bosan dengan sup, iga, dan tulang kambing serta sapi, cobalah masak tengkleng khas Solo. Olahan ini diberi bumbu rempah yang ringan sehingga kuahnya bening dan gurih. Nah, berikut ada tiga resep tengkleng khas Solo yang bisa kamu coba untuk menjadikan hidangan istimewa saat Idul Adha.

Resep Tengkleng Kambing Rica-Rica yang Pedasnya Nendang

Siapkan 1 kg iga kambing dan tulangan, 3 liter air, 5 lembar daun salam, 10 lembar daun jeruk, 3 batang serai, 150 ml kecap, 20 buah cabe rawit merah, 2 sdm kaldu jamur, 20 g gula Jawa, serta rempah kering seperti 3 buah kembang lawang, 5 butir cengkih, 2 sdt merica bubuk, dan 1 sdm ketumbar bubuk. Bumbu halus yang dibutuhkan adalah 12 siung bawang putih, 8 butir bawang merah, 5 butir kemiri, 4 cm jahe, 4 cm kunyit, dan 1 cm lengkuas. Pelengkapnya adalah acar timun.

Langkahnya cukup sederhana: cuci bersih iga kambing dan tulangan, rebus dengan air hingga hampir lunak, tumis bumbu halus dan rempah kering, masukkan ke dalam rebusan iga kambing, tambahkan kecap, gula Jawa, dan kaldu jamur, rebus hingga empuk, dan akhiri dengan memasukkan cabe rawit merah hingga kuah meresap. Sajikan dengan acar timun yang segar.

Resep Tengkleng Kambing Solo yang Segar Gurih

Siapkan 500 g daging dan tulang iga kambing, 1.5 liter air, 3 sdm minyak sayur, 2 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk, 2 cm lengkuas, 3 cm kayu manis, 5 butir cengkih, 10 buah cabe rawit merah, dan bumbu halus seperti 4 butir kemiri, 1 sdt ketumbar, 1/2 sdt jinten, 5 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 2 cm jahe, dan 3 cm jahe. Tambahkan pula 1 sdt gula pasir dan 2 sdt garam.


Langkahnya pun tak sulit: cuci bersih daging kambing, rebus dengan air hingga bersih, masukkan serai, daun salam, lengkuas, dan daun jeruk, tumis bumbu halus hingga matang, masukkan ke dalam rebusan daging kambing, masak hingga empuk, dan terakhir, masukkan cabe rawit merah hingga layu. Sajikan dengan taburan bawang merah goreng yang renyah.

Resep Tengkleng Iga Sapi dengan Cita Rasa Khas

Kamu juga bisa mencoba resep tengkleng dengan iga sapi. Siapkan 500 g iga sapi dan tulangnya, 2 cm jahe, 2 lembar daun jeruk purut, 1 lembar daun salam, 3 cm lengkuas, 1 batang serai, 2 sdt garam, 2 sdt gula pasir, air secukupnya, 4 sdm minyak goreng, 3 cm kayu manis, 2 butir cengkeh, 60 ml santan instan kental, dan bumbu halus seperti 5 buah cabai merah, 4 siung bawang merah, 2 butir bawang putih, 3 butir kemiri, 2 cm kencur, 1/2 sdt ketumbar, 1/2 sdt jintan, 1/2 sdt merica butiran, 1/4 butir biji pala, dan 3 cm kunyit. Pelengkapnya bisa berupa bawang merah goreng, sambal, kerupuk, jeruk nipis, dan kecap manis.


Cara membuatnya adalah dengan menumis bumbu halus hingga harum, masukkan lengkuas, sereh, daun salam, daun jeruk, kayu manis, cengkeh, dan pala, tambahkan iga sapi ke dalam tumisan bumbu halus, masak hingga empuk dan bumbu meresap, panggang iga sapi hingga berwarna kecokelatan, dan sajikan dengan kuahnya serta berbagai pelengkap sesuai selera.

Yuk, coba tiga resep tengkleng khas Solo yang lezat ini dan buat hidangan istimewa untuk keluarga tercinta!

0 Response to "Resep Tengkleng Khas Solo yang Bikin Lidah Bergoyang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

close

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel